Paket Material
Perlu diketahui bahwa Lumion mempunyai paket material bawaan (build-in materials) yang dapat Anda terapkan langsung pada 3D Anda, dan juga ada paket material custom.
Adapun build-in materials sudah sangat cukup tanpa custom material, kecuali jika Anda ingin menerapkan material seperti Color (hanya warna saja), Glass, Invisible (untuk menghilangkan face), Landscape, Lightmap, Water, dan Falling Water.

Pemberian Material (Applying Materials)
1. Ok, langsung saja. Hal Pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan objek mana yang akan Anda edit. Lihat gambar di bawah ini.

2. Setelah itu, klik pada tanda [+] lalu arahkan ke bagian face yang ingin Anda beri material.

3. Setting Material (sesuai keinginan)

PROPERTIES :
- Scale : Semakin kecil nilai, semakin besar ukuran texture.
- Reflection Falloff : Semakin besar nilai, semakin kecil daya texture memantulkan cahaya.
- Brightness: Semakin besar nilai, semakin terang texture.
- Glossiness: Semakin besar nilai, semakin mengkilat pada texture
- Bump : Semakin besar nilai, semakin kasar permukaan texture.
- Reflectivity : Semakin besar nilai, semakin bisa memantulkan cahaya pada taxture.
- Saturation: Semakin besar nilai, semakin cerah dan tajam warna texture nya.
- Emissiveness : Semakin besar nilai, semakin terang bercahaya texture nya.
PLACING :
- Depth Offset : Semakin kecil nilai, semakin tebal texture.
- Pitch : Merubah / merotate texture arah X Y Z
- X : Menggeser texture ke arah sumbu X
- Y : Menggeser texture ke arah sumbu Y
- Z : Menggeser texture ke arah sumbu Z
- Heading & Bank : Hampir mirip fungsi Pitch
TEXTURES :
- Kiri : Diffuse Texture → Texture yang terlihat
- Kanan : Bump Texture → Texture untuk relief atau kekasaran diffuse texture.
ADVANCED OPTIONS :
Tinggalkan default saja.
4. Selesai

Oleh : Imam Zatnika Winandar, S.T
Beri Komentar